08 Oktober 2018

Laporan Hasil Observasi Pohon "Cerry Jawa" (Talok)


Laporan Hasil Observasi Pohon "Cerry Jawa" (Talok)


Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adalah jenis pohon yang buahnya kecil dan manis berwarna merah cerah. Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri.
Dalam Bahasa Madura, buah ini disebut baleci. Nama-nama lainnya di beberapanegara adalah datiles, aratiles, manzanitas (Filipina), mâtsâm (Vietnam), khoom sômz, takhôb (Laos), takhop farang (Thailand), krâkhôb barang (Kamboja), dan kerukup siam (Malaysia).
Juga dikenal sebagai capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, dan Singapore cherry(Inggris). Orang Belanda dulu menyebutnya Japanse kers ("ceri jepang"), yang lalu dari sini diambil menjadi kersen dalam bahasa Indonesia atau ada yang menyebutnya ceri.
Tinggi pohon mencapai 12 meter , umumnya hanya sekitar 3-6 meter saja. Hijau abadi dan terus menerus berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Cabang-cabang mendatar, menggantung di ujungnya, membentuk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus bercampur dengan rambut kelenjar; demikian pula daunnya. Daun-daun terletak mendatar, berseling; helaian daun tidak simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi dan berujung runcing, 1-4 × 4-14 cm, sisi bawah berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Daun penumpu yang sebelah meruncing bentuk benang, lk. 0,5 cm, agak lama lalu mengering dan rontok, sementara sebelah lagi rudimenter.
Bunga dalam berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, terletak di ketiak agak di sebelah atas tumbuhnya daun; bertangkai panjang; berkelamin dua dan berbilangan 5; kelopak berbagi dalam, taju meruncing bentuk benang, berambut halus; mahkota bertepi rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 cm. Benang sari berjumlah banyak, 10 sampai lebih dari 100 helai. Bunga yang mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; namun setelah menjadi buah menggantung ke bawah, tersembunyi di bawah helai daun. Umumnya hanya satu-dua bunga yang menjadi buah dalam tiap berkasnya.
Manfaat buah kersen antara lain Mengobati asam urat, menyembuhkan diabetes, meredakan gejala flu, mengatasi kejang atau kaku di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare, sebagai antibakteri atau antiseptic, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengatasi infeksi, anti-tumor, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak  mudah sakit, meredakan sakit kepala, pembunuh mikroba, kandungan air pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar, mencegah dan menyembuhkan batuk, mengatasi radang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar